Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Kaki Gajah, Alma Pun Akhirnya Bicara

Kompas.com - 18/11/2009, 16:33 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Alma Lucyati akhirnya angkat bicara setelah dicecar oleh anggota DPR RI mengenai meninggalnya delapan warga Kabupaten Bandung seusai mengikuti pengobatan massal penyakit kaki gajah. Itu terjadi dalam pertemuan anggota Komisi IX dengan pihak Dinkes Jabar dan Kabupaten Bandung, Rabu (18/11).

"Kami menjalankan prosedur yang sudah ada. Puluhan tenaga kami sudah berencana mengundurkan diri karena takut dan tertekan," ujar Alma.

Sebelumnya, anggota DPR RI seperti Yana Anwar mempermasalahkan penanganan yang lambat sehingga masyarakat bingung dengan penyebab kematian warga yang simpang siur. Anggota lain, seperti Endang Agustini, mempermasalahkan ketiadaan pendampingan tenaga medis sewaktu pemberian obat.

Anggota lain, seperti Rieke Diah Pitaloka, mempermasalahkan sosialisasi yang kurang dilakukan oleh Dinkes. Ia pun sempat berdebat dengan salah seorang dokter mengenai penanganan salah seorang warga yang meninggal seusai meminum obat kaki gajah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com