Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Gejala Depresi

Kompas.com - 02/02/2010, 14:39 WIB

KOMPAS.com - Banyak penderita depresi kurang mendapat pengobatan karena pasien umumnya kurang mengenali gejala depresi. Padahal, depresi tidak hanya berpengaruh pada kondisi kejiwaan seseorang tapi juga bisa menimbulkan keluhan fisik. Bahkan pada pria keluhan depresi yang dibiarkan bisa memengaruhi kemampuan ereksinya.

Pada sebagian orang, gejala depresi hanya dikenali sebagai munculnya sifat moody. Padahal, bila diteliti depresi selalu memiliki sinyal-sinyal meski terkadang timbul tenggelam. Ada baiknya Anda mengenali rambu-rambu ketika stres sudah masuk pada zona yang patut diwaspadai.

Pertama, gejala psikologis seperti mudah tersinggung, merasa diri tak berharga, pesimistis. Orang yang depresi juga seringkali mengalami gejala fisik berupa sakit kepala, kelelahan, nafsu makan hilang atau berlebih, mual, keluhan lambung, diare.

Sementara itu gejala perilaku yang perlu diwaspadai adalah  kehilangan minat, pemurung, sulit konsentrasi. gelisah, gampang terganggu, merasa tidak berdaya, serta mulai menarik diri dari aktivitas sehari-hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com