Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menabung Tidur, Emang Bisa?

Kompas.com - 12/02/2010, 10:36 WIB

KOMPAS.com — Tuntutan aktivitas yang tinggi membuat banyak orang hanya punya waktu sedikit untuk tidur. Padahal, tidur yang cukup dibutuhkan agar kondisi fisik dan psikologis kita tetap sehat. Untunglah kita bisa menabung waktu tidur dan menyimpannya untuk dipakai saat tubuh kelelahan.

Menabung tidur ternyata bisa dilakukan dengan cara menambah waktu tidur lebih panjang dari biasanya. Kelebihan waktu tidur inilah yang nantinya menjadi cadangan yang akan membantu tubuh tetap bugar manakala kita sedang sibuk dan kurang tidur.

Hal tersebut terbukti lewat penelitian yang dilakukan sejumlah peneliti dari Amerika Serikat. Para responden yang terlibat dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok. Selama satu minggu, kelompok pertama diberikan waktu tidur ekstra, sedangkan kelompok lain tetap tidur sesuai dengan kebiasaannya.

Kemudian pada minggu selanjutnya mereka semua dibuat menjadi kurang tidur. "Kedua kelompok responden lalu diberikan tambahan 3 jam waktu tidur setiap malam selama seminggu," kata Tracy Rupp dari Walter Reed Army Institute of Research.

Kemudian mereka diminta mengerjakan tugas dan tes. Responden dari kelompok yang dapat tambahan waktu tidur ternyata mampu mengerjakan tes dengan baik saat mereka berada dalam kondisi kurang tidur. "Konsentrasi mereka juga lebih baik dibandingkan dengan kelompok yang tak punya tabungan tidur," ujar Rupp.

Untuk orang-orang sibuk, tabungan tidur ini sangat membantu dalam mengerjakan tugas-tugas harian. Sementara untuk tentara, para ahli mengatakan bahwa hal itu bisa menyelamatkan nyawa di medan perang.

Meski terbukti bermanfaat, para ahli belum bisa menyebutkan berapa jam tabungan tidur yang harus dimiliki agar mendapatkan hasil maksimum. "Penelitian selanjutnya harus dilakukan untuk menentukan jumlah waktunya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com