Paparan Zat Kimia Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Kompas.com - 05/04/2010, 13:17 WIB
Editoracandra

JAKARTA, KOMPAS.com - Paparan bahan-bahan kimia dan polutan di tempat kerja sebelum seseorang berusia 30 tahun akan meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara setelah usia menopause.

Sejumlah peneliti menemukan kaitan antara kanker payudara dan sejumlah zat kimia berbahaya. Mereka melakukan investigasi untuk mengetahui sebarapa besar tingkat paparan para responden terhadap 30 jenis bahan berbahaya di lingkungan pekerjaan mereka. Hasilnya, mereka yang terkena kanker payudara di usia menopause lebih sering terpapar bahan kimia berbahaya sebelum berusia 36 tahun.

Demikian kesimpulan sebuah penelitian terhadap 556 perempuan usia 50-75 yang didiagnosa menderita kanker payudara di Kanada dan 613 perempuan dalam kelompok kontrol yang bebas kanker payudara. Seluruh responden sudah menopause.

Bahan kimia berbahaya yang dimaksudkan antara lain serabut akrilik, serabut nilon, serta senyawa aromatik. Bahan-bahan ini biasa dipakai dalam kandungan cat tembok, furniture, dan sebagainya.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Occupational and Environmental Medicine ini konsisten dengan teori yang menyatakan jaringan payudara lebih sensitif pada bahan-bahan kimia berbahaya jika terpapar saat sel-sel di payudara masih aktif (sebelum usia 40 tahun).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.