Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendiknas: Tak Mungkin Lulus 100 Persen

Kompas.com - 27/04/2010, 15:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Mengenai tingkat kelulusan yang menurun pada 2010, Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengatakan bahwa memang tidak mungkin tingkat kelulusan UN mencapai 100 persen. Tingkat kelulusan UN diperlukan oleh pemerintah sebagai peta untuk mengetahui daerah-daerah yang memerlukan penguatan dalam bidang pendidikan melalui ujian berstandar sama di seluruh Indonesia.

Nuh mengatakan, bisa saja seorang siswa lulus ujian perguruan tinggi negeri, tetapi tidak lulus UN karena mata pelajaran yang diajukan bisa jadi berbeda. "Harus dicek dulu prosedur atau teknis yang dipakai PTN itu, apakah berbeda atau sama dengan UN," kata Nuh di Jakarta, Selasa (27/4/2010).

Untuk siswa yang tidak lulus UN, Mendiknas mengingatkan masih ada kesempatan mengikuti ujian ulangan pada 10-14 Mei 2010. Ujian ulangan itu, menurut M Nuh, tetap menggunakan standar yang sama dengan UN sebelumnya.

Sementara itu, untuk mengatasi para siswa yang stres akibat tidak lulus UN, Mendiknas mengimbau pihak sekolah agar mengaktifkan bimbingan penyuluhan dan bekerja sama dengan perguruan tinggi yang memiliki jurusan Psikologi guna memberikan konseling kepada para siswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com