Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kardio Sambil Bersenang-Senang

Kompas.com - 11/08/2010, 16:00 WIB

Sesekali tak ada salahnya untuk melakukan kardio di tempat terbuka. Selain membuat variasi kardio, trik ini juga akan menghapus rasa bosan kita ketika berolahraga. Sebab olahraga di tempat terbuka atau outdoor akan memberikan kita pengalaman baru dan bahkan teman baru!

Bersepeda. Terpaan angin, jalan yang naik-turun atau berkelok-kelok, dan kayuhan pedal yang semakin lama semakin cepat akan menimbulkan sensasi yang menggairahkan. Plus bersepeda akan mengembalikan kenangan masa kecil kita yang masih bebas bersepeda kemana pun kita suka. Saat kita bersepeda selama 1 jam, kalori yang terbakar bisa sebanyak 400-500 kalori.

Hambatan pemula : Nyeri di lutut atau bokong. “Penyebabnya adalah tempat duduk yang terlalu rendah sehingga tubuh terpaksa membungkuk dan kaki tidak mengayuh lurus,” jelas Christine Mattheis, editor majalah Bicycling. Atasi dengan : Naikkan posisi tempat duduk dan lapisi dengan busa lembut.

Berdansa. Bebaskanlah kaki menari. Lalu melompat ke depan dan ke belakang. Atau ingin tambah seru? Iringi musik dengan mengentak atau bertepuk tangan. Lakukan bersama sahabat atau suami, pasti akan menambah semangat kita.

Hambatan pemula : Terlalu bingung dengan gerak langkah. Atasi dengan : Sebelum memulai latihan, sebaiknya baca buku manual atau beli beberapa DVD program dansa. Agar lebih mahir, ikuti kelas dansa khusus. Biasanya instruktur akan mengajarkan gerak kaki terlebih dahulu. Setelah itu, baru diajarkan cara mengharmoniskan gerakan kaki dengan tangan. Sebagai pemula, lebih baik fokus dulu pada gerakan kaki.

Yoga. Tak ada cara yang lebih baik untuk mengusir stres, merilekskan tubuh, dan membentuk otot dibandingkan dengan yoga.

Hambatan pemula : Keseimbangan belum baik. Atasi dengan : Fokus dulu ke satu pose dan lakukan di satu tempat yang paling nyaman. Terkadang, kita terjatuh atau tergelincir ketika mencoba melakukan satu pose. Jangan putus asa, tertawa saja. Semua orang yang pernah belajar yoga, pasti pernah mengalaminya juga.

Berenang. Bagi yang kelebihan berat badan atau mengalami masalah persendian, olahraga air seperti renang adalah solusi yang tepat.

Hambatan pemula : Tidak percaya diri karena harus memakai baju terbuka. Atasi dengan : Mencari baju renang khusus wanita berbadan besar. Jangan pilih yang bercorak besar atau berwarna terlalu terang untuk menyamarkan bentuk tubuh.

Permainan Beregu. Penelitian terbaru di Inggris membuktikan, wanita yang berlatih sepakbola sebanyak dua kali seminggu, mendapatkan keuntungan yang sama seperti rekan mereka yang berlatih fitness. Jumlah kalori yang terbakar dan massa otot yang terbentuk relatif sama jumlahnya.

Hambatan pemula : Merasa tidak punya waktu. Atasi dengan : Ajak beberapa teman membentuk tim voli atau permainan beregu lainnya. Setelah itu, canangkan waktu berlatih bersama. Kehadiran teman, biasanya akan semakin meneguhkan komitmen berolahraga.

Kickboxing. Alirkan stres dengan memukul dan menendang. Tapi, jangan memukul dan menendang orang lain. Lebih baik, daftarkan diri ke kelas kickboxing. Di sana, kita bisa memukul dan menendang sebebasnya, sambil membakar 680 kalori per jam.

Hambatan pemula : Malu-malu karena merasa belum ahli. Atasi dengan : “Santai saja. Tidak ada kompetisi di kelas kickboxing,” kata Jessica Smith, personal trainer dan bintang DVD program 10 Minute Solution : Knockout Body. (PreventionIndonesia/Lily Turangan/Siagian Priska)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com