Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Anak Anyang-anyangan

Kompas.com - 20/08/2010, 07:50 WIB

TANYA : Dok, anak saya laki-laki berusia 6 tahun 6 bulan. Tinggi 113 cm berat 27 kg. Seringkali dia terserang anyang-anyangan di pagi hari. Memang tingkah laku sehari-harinya sangat aktif (lari, lompat dll.), tetapi sudah diimbangi juga dengan minum yang cukup. Saya sudah berkonsultasi ke dokter anak dan dijawab "Supaya banyak minum air putih!". Tetapi saya belum puas dengan jawaban tersebut.  Sebenarnya apakah penyebab utama anyang-anyangan dan apa yang harus  saya lakukan untuk mencegahnya ?   (Khatarina, 35)

JAWAB :  Buang air kecil (BAK) anyang-anyangan apalagi bila didapat adanya keluhan nyeri saat BAK, dapat merupakan salah satu petanda adanya infeksi di saluran kemih seorang anak. Pada anak laki-laki perlu dilihat alat kelaminnya, apakah terdapat penyempitan lubang di ujung kulit penisnya (kulup-nya).

Bila ya, maka itu dapat merupakan faktor predisposisi terjadinya infeksi saluran kemih (ISK). Perlu pemeriksaan lebih lanjut dengan teliti termasuk pemeriksaan penunjang seperti kultur/biakan urinnya. Namun apabila tidak didapatkan kecurigaan adanya ISK perlu dipikirkan penyebab lainnya seperti toilet training dengan baik, yaitu menyuruhnya agar tidak terburu-buru menyelesaikan BAKnya, tetapi dia menyelesaikan sampai rasa ingin berkemih tersebut hilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com