Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Khasiat Madu Plus Kayu Manis (II)

Kompas.com - 24/08/2010, 09:12 WIB

11.  Sistem Kekebalan Tubuh.  Konsumsi harian madu dan bubuk kayu manis memperkuat kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus. Para ilmuwan menemukan bahwa madu mengandung berbagai vitamin dan zat besi dalam jumlah besar. Penggunaan madu secara teratur memperkuat sel darah putih untuk memerangi bakteri dan virus.

12.  Gangguan Pencernaan.  Bubuk kayu manis yang ditabur pada 2 sendok makan madu dapat mengurangi keasaman lambung dan membantu mencerna makanan berat. Ramuan tersebut harus diminum sebelum makan.

13.  Influenza. Ilmuwan di Spanyol telah membuktikan bahwa madu berisi kandungan alami yang membunuh kuman influensa dan menyembuhkan pasien dari flu. Maka, minumlah madu ketika akan flu.

14.    Mencegah Penuaan.  Teh yang dicampur madu dan bubuk kayu manis dan diminum tiap hari dapat mencegah penuaan. Ambil 4 sendok madu, 1 sendok bubuk kayu manis dan 3 cangkir air  kemudian rebus seperti membuat teh.  Minumlah sebanyak 1 cangkir 3 sampai 4 kali sehari. Ramuan ini membuat kulit segar dan halus serta mencegah penuaan. Harapan hidup juga bertambah.

15.  Jerawat.  Oleskan 3 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis pada wajah sebelum tidur. Basuh keesokan harinya dengan air hangat. Bila dilakukan rutin setiap hari selama 2 minggu, akan menyembuhkan jerawat sampai akar-akarnya.

16.  Infeksi Kulit. Ambil 1 bagian madu dan 1 bagian bubuk kayu manis, oleskan pada bagian kulit yang sakit.

17.  Kelebihan Berat Badan. Minum segelas air yang direbus bersama madu dan bubuk kayu manis setiap pagi 1/2 jam sebelum sarapan atau saat perut masih kosong. Bila dilakukan secara teratur dapat mengurangi berat badan, bahkan bagi orang yang sangat gemuk. Minum ramuan ini secara teratur akan mencegah lemak terakumulasi dalam tubuh, meski tetap makan makanan kalori tinggi.

18.  Kanker. Riset terakhir di Jepang dan Australia menunjukkan bahwa kanker perut dan tulang stadium lanjut dapat disembuhkan dengan madu dan kayu manis. Pasien cukup minum 1 sendok makan madu dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis selama sebulan 3 kali sehari.

19.  Kelelahan.  Studi terakhir menunjukkan bahwa kandungan gula dalam madu lebih bermanfaat daripada merugikan bagi  tubuh. Warga usia lanjut yang mengkonsumsi madu dan bubuk kayu manis dengan ukuran sama, terbukti lebih waspada dan fleksibel. Penelitian Dr. Milton membuktikan, 1 sendok makan madu yang diminum bersama segelas air dan ditaburi bubuk kayu manis dapat meningkatkan vitalitas tubuh dalam seminggu. Ramuan tersebut diminum setiap hari setelah menggosok gigi dan jam 3 sore pada saat vitalitas tubuh menurun.

20. Bau Nafas. Satu sendok teh madu dan bubuk kayu manis yang dicampur dalam air panas dapat membuat nafas tetap segar sehari penuh. Orang Amerika Selatan biasa minum ramuan tersebut di pagi hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com