Lingkungan Bising Buruk untuk Jantung

Kompas.com - 06/10/2010, 09:55 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Terpapar suara bising atau suara di sekitar yang dirasa terlalu keras atau menganggu kenyamanan dalam waktu lama bukan hanya mengganggu pendengaran, tapi juga bisa menimbulkan komplikasi bagi jantung.

Gan Wenqi, peneliti dari Universitas British Columbia, Inggris, memeriksa lebih dari 6000 orang karyawan berusia 20 tahun ke atas dalam survei kesehatan di Amerika antara tahun 1999 dan 2004.

Seluruh partisipan ditanyakan tingkat kebisingan lingkungan pekerjaan mereka dan seberapa lama mereka terpapar pada lingkungan bising itu. Kategori lingkungan kerja yang bising adalah jika seseorang harus meninggikan suaranya untuk berbicara.

Gan menemukan, orang yang bekerja di lingkungan bising selama minimal satu tahun beresiko tiga kali lebih besar untuk mengalami serangan jantung dan nyeri dada. Bahkan setelah mempertimbangkan faktor risiko penyakit jantung lainnya, yakni kebiasaan merokok dan kegemukan, orang yang bekerja di lingkungan bising masih memiliki risiko lebih besar terkena gangguan jantung.

"Suara bising yang konstan bisa memicu terjadinya gangguan jantung," kata Martin Halle, profesor dari University of Munich, yang ikut terlibat dalam penelitian tersebut.

Para ahli menduga, lingkungan bising akan meningkatkan hormon stres yang bisa memicu pecahnya plak di pembuluh darah sehingga terjadi serangan jantung. Meski begitu, para ahli mengingatkan pentingnya mengubah gaya hidup untuk mencegah serangan jantung. "Mencari pekerjaan di lingkungan yang tidak bising memang baik, tapi lebih penting lagi untuk berhenti merokok," kata Halle.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.