Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelukan Istri Selamatkan Jiwa Steve

Kompas.com - 09/10/2010, 08:52 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Sebuah pelukan dapat menyelamatkan nyawa orang yang dicintai. Hal tersebut terjadi pada pasangan Steve Taylor dan Becky Taylor.

Tak terpikir sebelumnya oleh Becky Taylor (42) kalau pelukannya akan menyelamatkan Steve Taylor (44), suaminya. Karena pelukan itu, Steve terselamatkan dari gangguan jantung.

Awalnya, Becky yang berasal dari Bradwell, Derbyshire, Inggris, ini merasa ada yang aneh dengan detak jantung Steve. Keanehan tersebut disadari ketika Becky sedang memeluk Steve. Becky yang kebetulan seorang dokter umum segera mengambil stetoskop dan memeriksa detak jantung suaminya. Lewat stetoskop tersebut Becky mengetahui kalau detak jantung Steve abnormal dan "berisik".

Curiga dengan kondisi jantungnya, Steve tak mau menunggu lama untuk memeriksakan diri ke ahli jantung. Hasil pemeriksaan mengungkap kalau Steve ternyata mengalami pembengkakan pada aorta jantungnya.

Pembengkakan ini bisa meledak setiap saat jika tak segera ditangani dan menyebabkan kematian. Tak mau buang waktu, Steve segera merencanakan operasi untuk memperbaiki kondisi jantungnya.

“Steve sangat beruntung sebab keanehan pada jantungnya segera diketahui. Jika tidak diketahui, bisa saja ia melakukan kegiatan berat seperti berolahraga dan berujung pada meledaknya pembuluh darah. Banyak orang yang tak beruntung karena mengalami hal tersebut,” ucap Becky.

Kini Steve dalam masa pemulihan dan sudah dapat kembali kerja dengan normal. Steve juga berusaha memperbaiki kondisi tubuhnya dengan bersepeda dan berjalan kaki secara rutin.

Kondisi pembengkakkan pembuluh darah seperti yang dialami Steve ini sangat jarang bisa disadari hanya  dengan cara yang mudah. Biasanya, kondisi tersebut diketahui karena penderitanya mengalami nyeri di dada dan kondisi kesehatannya sudah menurun. Adapun pada kasus Steve semua diketahui karena sebuah pelukan dari orang terkasih.

Becky, saat ini aktif dalam penggalangan dana riset untuk jantung lewat kegiatan 'sepeda gunung'. Dia merupakan salah satu dari 200 orang yang ikut serta dalam kompetisi Dark Peak Challenge dan melanglang sepanjang 34 mil untuk membantu Yayasan Jantung Inggris (British Heart Foundation). (mic/dailymail)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com