Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keju Bisa Bikin Tidur Nyenyak dan Bermimpi

Kompas.com - 27/10/2010, 14:25 WIB

KOMPAS.com — Keju tak hanya lezat, tetapi juga memberikan banyak manfaat kesehatan. Salah satu bukti mutakhirnya, peneliti menemukan bahwa keju juga membantu kita tidur lebih nyenyak.

Untuk mendapatkan kesimpulan ini, relawan diminta mengonsumsi 20 gr keju setiap malam sebelum tidur. Dari percobaan tersebut, 72 persen responden mengatakan berhasil tidur lebih lelap, dan 70 persennya mampu mengingat mimpinya. Tak satu pun dari mereka mengaku mimpi buruk (jangan lupa, mimpi merupakan tanda bahwa tidur kita nyenyak).

Mengapa kita bisa tidur lebih enak? Kemungkinan karena keju mengandung protein dan asam amino seperti tryptophan, yang bisa membuat kita mengantuk.

Namun, meskipun tidak menyebabkan mimpi buruk, tipe keju yang Anda pilih bisa memengaruhi mimpi Anda. Stilton (blue cheese dari Inggris, yang teksturnya mudah hancur) menyebabkan mimpi-mimpi yang tergila. Penikmat keju Cheddar (juga berasal dari Inggris, dengan warna putih gading cenderung kuning dan bercita rasa tajam) cenderung bermimpi tentang selebriti. Sedangkan keju Red Leicester (mirip Cheddar, tapi lebih empuk) biasanya bermimpi nostalgia dengan teman lama, dan kenangan masa lalu. Sedangkan keju Cheshire (teksturnya padat, tapi mudah hancur) konon bisa menyebabkan tidur malam yang paling nyenyak.

Sayang tak dijelaskan dalam penelitian bagaimana jenis keju bisa memengaruhi mimpi seseorang. Dari mana pula mitos mengenai keju dan mimpi buruk berasal? Entahlah. Namun, Ebenezer Scrooge, tokoh dalam novel Charles Dickens tahun 1843, A Christmas Carol, menyalahkan keju akibat mimpi buruk yang dialaminya. Sementara sebuah penelitian pada tahun 1950-an mendapati bahwa keju akan bermasalah bagi orang yang mengonsumsi obat-obatan antidepresan tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com