Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efek Kopi bagi Janin di Kandungan

Kompas.com - 18/11/2010, 09:50 WIB

TANYA:
Istri saya sekarang sedang hamil 4 bulan. Masalahnya, ia sangat suka minum kopi. Sebelum hamil, ia biasa minum 2 gelas kopi setiap hari. Sekarang ia mulai mengurangi, tetapi terkadang masih suka minum kopi, baik bikin sendiri maupun beli yang di gerai-gerai kopi internasional. Sepertinya ia memang kecanduan kopi. Apakah ini berpengaruh pada janinnya Dok? Menurut hasil USG, bayi kami baik-baik saja. Mohon penjelasan Dokter. Terima kasih sebelumnya.
Marco (29), Bandung
 
JAWAB:
Kopi sebaiknya dihindarkan pada wanita hamil, seperti juga alkohol dan rokok. Kafein akan mengganggu sirkulasi darah ibu yang ke plasenta dan ke janin. Untuk ibu yang sudah merasa kecanduan kopi, coba dikurangi secara bertahap. Upayakan makan dan minum yang bergizi, serta berolahraga secara teratur. Semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com