Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilhan KB untuk Tunda Momongan

Kompas.com - 29/11/2010, 09:42 WIB

TANYA:
 Siang Dokter, saya selalu mengikuti rubrik konsultasi di Kompas.com ini. Sudah lama saya ingin menanyakan kepada Dokter mengenai metode kontrasepsi yang paling tepat untuk menunda kehamilan. Dua bulan lagi kami akan menikah, tetapi kami belum ada rencana untuk memiliki momongan karena calon suami mendapat beasiswa S-2 ke luar negeri. Metode kontrasepsi apa yang paling tepat untuk kami dan tidak mengganggu kesuburan. Karena setelah 2 tahun kami berniat untuk segera memiliki anak. Terima kasih atas bantuan Dokter.
Riani (28), Jakarta

JAWAB:
Kalau ibu tidak ikut dengan suami, berarti, kan, tidak perlu kontrasepsi. Akan tetapi, kalau memang bergabung setelah menikah nanti, semua kontrasepsi ada risikonya. Kalau ibu orang yang disiplin, pil merupakan pilihan yang baik. Namun,  kalau sering lupa sebaiknya pakai spiral. Jika ibu disiplin dan haidnya teratur boleh dipertimbangkan dengan metode mengatur masa subur. Ini risikonya yang paling rendah. Terima kasih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com