Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hubungan Seksual Cuma di Malam Pertama

Kompas.com - 02/12/2010, 09:25 WIB

TANYA : 

Dok, saya telah menikah dan sekarang sedang mengandung. Saya dan suami hanya melakukan hubungan intim malam pertama saja. Setelah itu tidak pernah lagi karena suami saya tidak mau menyentuh saya dan saya tidak tahu alasannya. Ditanyakan ke suami, juga tidak pernah dijawab. Masalahnya, setiap ada keinginan melakukan hubungan intim saya terpaksa melakukan masturbasi. Apakah ada pengaruh masturbasi selama kehamilan terhadap janin, baik dalam hal perkembangan fisik maupun psikisnya nanti?
Sena, 29, Jawa Timur

JAWAB:
Memang mengundang pertanyaan kalau hubungan seksual hanya dilakukan pada malam pertama saja. Setelah itu suami tidak mau lagi tanpa alasan yang jelas. Tentu saja pengakuan jujur suami mutlak diperlukan, mengapa dia tidak mau lagi melakukan hubungan seksual. Anda boleh saja menduga, tetapi itu belum tentu benar, bahkan dapat menimbulkan masalah baru.            

Saya juga dapat memberikan beberapa kemungkinan mengapa suami tidak mau lagi melakukan hubungan seksual. Tetapi, saya khawatir penjelasan saya justru dapat membuat Anda dihadapkan pada masalah baru. Jadi usahakan dapat berkomunikasi secara baik dengan suami sehingga dia mau berbicara jujur mengapa tidak mau berhubungan lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com