Dede "Manusia Akar" Dioperasi Lagi

Kompas.com - 04/01/2011, 18:43 WIB
EditorAsep Candra

BANDUNG, KOMPAS.com — Dede "Manusia Akar" akan kembali menjalani operasi penipisan kutil di kedua telapak tangan dan kakinya. Operasi penipisan kutil tahap lanjutan ini akan dilakukan pada Selasa (11/1/2011) mendatang di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

"Dede dirawat lagi di RSHS sejak kemarin (Senin, 3/1/20111). Rencananya dia akan menjalani operasi pengangkatan kutil di kedua telapak tangan dan kakinya pada Selasa pekan depan," ungkap Ketua Tim Dokter Penanganan Dede di RSHS Bandung, Rahmat Dinata.

Rahmat mengatakan, dirawatnya Dede di RSHS Bandung merupakan rangkaian perawatan yang harus dijalani oleh pria yang terakhir kali dioperasi pada bulan Agustus 2010 itu.

"Ini kan untuk perawatan dia juga, penyakitnya ini kan tidak akan sembuh-sembuh. Jadi, setiap lima bulan sekali harus dicek kondisinya oleh kami," ujarnya.

Menurut Rahmat, berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, kutil kecil yang tumbuh di bagian kepala dan wajah Dede sudah menghilang. "Kondisinya cukup baik, malah kutil yang berada di bagian kepala dan wajah Dede sudah hilang. Tapi, kutil yang berada di kedua telapak tangan dan kaki mengalami penebalan kembali," terangnya.

Selama menjalani perawatan di rumahnya, kata Rahmat, Dede mendapatkan gel atau salep khusus untuk membunuh virus human papiloma virus (HPV). Dikatakannya, beberapa waktu lalu seorang profesor dari Jepang siap membantu pengobatan Dede.

"Ada profesor dari Jepang yang akan memberikan bantuan pengobatan ke Dede, tapi izinnya masih diproses," kata Rahmat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.