Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Kembar Siam, Perut dan Dada Menyatu

Kompas.com - 14/01/2011, 12:51 WIB

BREBES, KOMPAS.com — Bayi kembar siam berjenis kelamin laki-laki lahir di RS Bhakti Asih, Brebes, Jawa Tengah, Kamis (13/1/2011) sekitar pukul 22.20. Anak ketiga pasangan Daniroh (35) dan Dirman (40), warga Desa Mundu, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, tersebut lahir melalui operasi caesar, dengan berat 3,05 kilogram, serta panjang 47 kilometer.

Hingga Jumat (14/1/2011) siang, bayi dan ibunya masih mendapatkan perawatan intensif di RS Bhakti Asih. Bayi tersebut memiliki kepala dua, dada, badan, dan perut menyatu, serta dua kaki dan dua tangan.

Menurut dokter spesialis anak pada rumah sakit tersebut, Budi Susatya, dari hasil rontgen terlihat bayi itu memiliki dua tulang belakang, paru-paru pada bayi kesannya dua, sedangkan jantung belum bisa dipastikan satu atau dua.

Keadaan bayi agak sesak napas karena tidak bisa langsung menangis saat lahir. Saat ini, lanjut Budi, penanganan dilakukan untuk memperbaiki keadaan umum bayi, agar pernapasan tidak sesak.

Selanjutnya, bayi kembar siam tersebut harus dirujuk ke rumah sakit besar. "Tapi, kami masih menunggu bagaimana nanti orangtuanya," katanya.

Bayi tersebut hingga saat ini belum diberi nama oleh orangtuanya. Dirman, ayah bayi, mengaku masih bingung dengan biaya persalinan yang harus ditanggung. Ia yang selama ini bekerja sebagai sopir serabutan mengaku tidak memiliki uang untuk biaya persalinan ataupun operasi pemisahan bayi. Ia berharap ada dermawan yang bersedia membantu keluarganya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com