Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Penderita Kusta Naik 100 Persen

Kompas.com - 28/01/2011, 16:23 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Jumlah penderita penyakit kusta di Kota Pekalongan pada 2010 tercatat sebanyak 96 orang atau naik 100 persen dibanding tahun sebelumnya 48 orang, kata Kepala Dinas Kesehatan Dwi Heri Wibawa.

"Dari 96 penderita penyakit kusta ini, 73 orang di antaranya hingga kini masih dalam taraf pengobatan," katanya di Pekalongan, Jumat (28/1/2011).

Meningkatnya jumlah penderita kusta ini karena faktor kondisi lingkungan yang kumuh. Selain itu, akibat sebagian warga yang tidak mengetahui jika bercak putih di kulit seperti panu dan mati rasa ini ternyata penyakit kusta.

"Peningkatan jumlah penderita kusta ini juga kemungkinan warga yang terlalu menyepelekan penyakit itu," katanya.

Ciri-ciri penyakit kusta kering, antara lain jika digores seperti panu dan penderita kurang merasakannya.

"Namun, jika penderita kusta kering ini tidak segera memeriksakan ke dokter dan mengobati secara rutin maka akan menjadi penyakit kusta basah. Penyakit kusta basah ini akan lebih lama penyembuhannya jika dibanding dengan kusta kering," katanya.

Kota Pekalongan adalah merupakan salah satu daerah dari 14 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang masuk katagori daerah endemis penyakit kusta.

Jumlah penderita kusta terbanyak di Kota Pekalongan berada di Kecamatan Pekalongan Selatan.

"Karena itu, untuk menekan bertambahnya jumlah penderita kusta, kami akan melakukan survei dan memberikan sosialisasi ke masyarakat agawa waspada terhadap penyebaran penyakit itu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com