Jika Tubuh Alergi Sperma Sendiri

Kompas.com - 31/01/2011, 07:59 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Mungkin Anda pernah mendengar beberapa wanita yang mengalami alergi pada sel sperma suami sehingga proses kehamilan sulit terjadi. Namun, mungkinkah seorang pria alergi pada spermanya sendiri?

Meski terdengar ganjil, namun kondisi itu memang nyata terjadi. Istilah medisnya adalah post orgamic illness syndrome (POIS). Seperti halnya reaksi tubuh pada alergen, seperti debu atau makanan tertentu, pria yang menderita POIS akan langsung mengalami gejala tertentu setelah ejakulasi, misalnya demam, hidung gatal, atau iritasi mata. Beberapa orang juga mengaku mengalami gejala-gejala mirip sakit flu setelah ejakulasi.

POIS sendiri sudah didokumentasikan dalam jurnal ilmiah kedokteran sejak tahun 2002, walau belum banyak dokter yang mengenal istilah ini. Dalam laporan penelitian disebutkan pria yang menderita POIS bisa langsung mengalami gejala alergi begitu ejakulasi atau menunggu beberapa saat pasca ejakulasi. Gejalanya bahkan bisa tinggal hingga seminggu kemudian.

"Gejalanya tidak akan muncul jika seseorang hanya masturbasi saja tanpa ejakulasi. Namun begitu cairan mani keluar dari testis, mereka akan langsung merasakan gejala alergi mirip orang sakit flu," kata Marcel Waldinger, profesor seksual psychopharmacology dari Belanda.

Baru-baru ini Waldinger merilis hasil risetnya dalam Journal of Sexual Medicine mengenai alergi sperma ini. Dalam penelitiannya ia mengumpulkan 33 pria Belanda yang didiagnosa menderita POIS untuk melakukan skin-prick test (tes standar untuk pasien alergi) dengan alergen cairan mani. Hasilnya, 29 orang memiliki respon positif, atau dikategorikan alergi.

Dalam penelitian kedua, Waldinger melakukan terapi standar alergi yang disebut terapi hyposensitization pada dua pria. Selama beberapa tahun pasien tersebut disuntik dengan cairan yang mengandung konsentrasi cairan mani yang makin lama ditambah kadarnya. Setelah tiga tahun, kedua pasien dilaporkan tidak lagi merasakan gejala-gejala POIS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.