Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangan Dingin dan Beku Tanda Stres?

Kompas.com - 02/02/2011, 13:42 WIB

Kompas.com — Tangan terasa dingin dan jari-jari membeku? Bisa jadi itu cara tubuh menyampaikan Anda sedang stres atau gejala medis lain yang lebih serius.

Kecemasan dan stres berpengaruh pada sistem saraf sehingga pembuluh darah berkontraksi dan menghambat sirkulasi darah ke bagian tangan. Pada beberapa orang yang memiliki sirkulasi buruk, tangan akan terasa lebih dingin lagi.

Bila rasa dingin disertai dengan kekakuan, kebas, dan perubahan warna (menjadi biru atau agak merah), Anda mungkin mengalami fenoma Raynauds yang bisa memengaruhi sirkulasi darah. Kondisi ini terjadi ketika aliran darah ke bagian tubuh tertentu seperti jari tangan berkurang. Biasanya disebabkan karena udara yang terlalu dingin.

Faktor penyebab rasa dingin di tangan lainnya adalah penyumbatan arteri gangguan jaringan atau efek samping obat golongan beta-blocker untuk penyakit kardiovaskular.

Bila pemicu utama tangan yang beku ini karena stres, lakukan teknik rileksasi agar sirkulasi darah kembali lancar. Sementara itu juga tangan Anda dingin tanpa alasan yang jelas dan sering terjadi, konsultasikan kepada dokter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com