Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stigma Orang Gemuk Terus Menyebar

Kompas.com - 31/03/2011, 17:23 WIB

Kompas.com - Big is not beautiful. Begitulah stigma terhadap orang gemuk yang terus menyebar dan mengglobal. Studi terbaru bahkan menunjukkan jumlah negara yang melihat kegemukan tanpa citra negatif terus menyusut dari tahun ke tahun. Itu artinya, keinginan global akan tubuh langsing terus meningkat.

Alexandra Brewis, seorang antropolog dari Universitas State Arizona, mencermati dalam beberapa tahun terakhir ini masyarakat yang semula berpandangan terbuka terhadap tubuh gemuk makin mengidolakan bentuk tubuh langsing.

Contoh yang paling terkenal adalah di pulau Fiji, Pasifik Selatan. Brewis yang mengunjungi pulau tersebut di tahun 1980 menemukan bahwa kegemukan dirayakan di sana. Tapi seiring datangnya televisi di pulau itu tahun 1995 padangan masyarakat langsung berubah.

"Gadis-gadis di Fiji mulai membandingkan diri mereka dengan bintang serial Melrose Place atau Beverly Hills 90210," kata Brewis yang melakukan penelitian mengenai pandangan global terhadap tubuh langsing.

Dalam sebuah survei di tahun 1998, 15 persen gadis remaja di Fiji mengatakan mereka sering memancing muntah untuk mengontrol berat badannya. Angka tersebut melonjak dari 3 persen di tahun 1995.

Arus informasi yang deras dari televisi juga membuat 74 persen gadis remaja merasa dirinya terlalu gemuk.

Meski begitu menginginkan tubuh gemuk tidak sama dengan menstigma orang gemuk. Menurut Brewis di negara Barat, orang gemuk dipersepsikan sebagai orang yang malas dan kurang mengontrol diri. Pandangan tersebut berbeda dengan di negara yang lebih bersahabat pada orang gemuk.

"Walaupun berharap punya tubuh langsing tapi mereka tidak memandang negatif pada orang bertubuh gemuk," katanya.

Brewis dan rekannya melakukan survei terhadap penduduk perkotaan di negara Barat seperti Amerika Serikat, Inggris dan Islandia, serta negara latin seperti Amerika Samoa, Argentina, Meksiko, Paraguay, Puerto Rico dan Tanzania.

Hasil survei menunjukkan tempat-tempat yang ramah terhadap tubuh gemuk terus menghilang. Tempat seperti Puerto Rico dan Samoa yang dulu mengaitkan kegemukan dengan cantik kini memandang orang gemuk sebagai kemalasan. "Situasinya dengan cepat berubah," kata Brewis.

Para peneliti juga menetapkan skor skala 0 (tidak ada stigma) sampai 25 (paling menstigma). Tanzania memiliki skor 10, sedangkan Paraguy memiliki skor 15. Negara lainnya berada di antara keduanya.

Sayangnya responden dalam penelitian ini hanya sedikit, 700 orang, sehingga banyak ahli menganggap penelitian ini tidak bisa merepresentasikan sampel tiap negara. Lagi pula tiap kebudayaan memiliki cara pandang berbeda terhadap kegemukan.

Di India misalnya, orang yang kegemukan dianggap sebagai orang yang kaya. Akan tetapi memang di negara-negara berkembang biasanya orang gemuk kurang beruntung. "Mereka yang kegemukan biasanya sulit mendapat pekerjaan dan juga jodoh," kata Scott Lear profesor health sciences dari Kanada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com