Kapan Kista Perlu Diangkat?

Kompas.com - 01/04/2011, 11:01 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA :

Dok, saya mahasiswi di sebuah Universitas Negeri di Yogyakarta. Sudah tiga tahun ini saya mengalami mens yang tidak teratur, terkadang bisa haid dua kali dalam sebulan, dilanjutkan dengan timbulnya vlek yang cukup panjang. 

Setelah konsultasi ke dokter kandungan dan dilakukan USG, saya divonis ada kista cokelat pada rahim saya. Saya ingin menanyakan apakah ada alternatif lain penyembuhan kista selain operasi. Terima kasih atas penjelasan dokter.

Perwitasari (20), Yogyakarta

 

JAWAB :

Gangguan haid untuk nona yang masih berumur 20 tahun masih dianggap wajar, asalkan tidak ada kelainan pada organ reproduksinya. Permasalahan pada kasus ini adalah dugaan kista coklat, sayang besarnya tidak disebutkan.  Jadi sekarang kita fokus pada kista nya.

Kalau ukuran kista lebih dari 6 cm, saya setuju untuk operasi. Anjurannya laparoskopi saja. Tapi kalau ukuran kista nya kurang dari 6 cm, kita pantau saja dengan USG tiap 3 bulan. Tidak ada cara alternatif. Upayakan hidup sehat, jangan makan yang banyak pengawet, banyak makan buah dan sayuran. Jangan lupa olah raga. Semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.