Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Anak Bisa Bikin Sehat

Kompas.com - 08/08/2011, 13:36 WIB

KOMPAS.com Hampir setiap pasangan suami istri pasti mendambakan hadirnya sang buah hati. Namun, dalam beberapa situasi, ada sebagian pasangan yang sengaja menunda untuk mempunyai momongan. Namun, tahukah Anda bahwa kehadiran buah hati akan membuat hidup Anda lebih sehat.

Berikut ini sejumlah manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh dengan kehadiran momongan di tengah-tengah kehidupan Anda:

1. Menurunkan tekanan darah Anda
Sebuah studi terbaru dari Brigham Young University menemukan bahwa
menjadi orangtua dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah. Peneliti mengamati 200 pasangan yang telah menikah untuk memonitor tekanan darah selama 24 jam. Hasilnya, ditemukan bahwa pasangan yang mempunyai anak, tekanan darahnya secara signifikan akan lebih rendah dibandingkan mereka yang tanpa keturunan.

2. Kesehatan mental
Menurut kepercayaan yang berkembang di masyarakat saat ini, anak sering kali membuat orangtua menjadi stres karena kelakuan nakal mereka. Namun
, hasil penelitian di Mental Health Foundation, Taiwan, menunjukkan, kehadiran anak justru akan membuat orangtua terlihat lebih sehat secara mental. Sebuah organisasi baru telah mewawancarai 1.084 keluarga yang dipilih secara acak, dan ditemukan bahwa kesehatan mental dari keluarga yang tidak memiliki anak 6,4 poin lebih rendah dibandingkan mereka yang memiliki anak.

"Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki anak lebih bahagia dan memiliki kepuasan emosional yang lebih besar dibandingkan mereka yang tidak memiliki anak," kata Tom Yang, peneliti utama studi tersebut.

3. Memperbarui pengetahuan
Siapa pun yang memiliki anak bisa membuktikan bahwa kata
-kata yang sering diucapkan seorang anak adalah "mengapa. Anak-anak pada dasarnya selalu mempunyai rasa ingin tahu yang besar, misalnya saja seperti, "Mengapa mata kucing bersinar saat malam hari?" "Kenapa bau begitu segar setelah hujan," dan lain sebagainya.

Sebagai orangtua, Anda tentu harus dapat menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan si kecil dengan sebuah jawaban yang masuk akal. Secara tidak langsung, Anda telah diarahkan untuk memoles pengetahuan dengan kembali mempelajari sesuatu.

4. Anak sebagai alasan
Banyak p
ria lajang yang sering mengeluh bahwa teman-teman mereka yang sudah menikah dan memiliki anak sangat sulit untuk diajak hang-out. Hal ini terjadi karena kebanyakan orangtua menggunakan anak-anak mereka sebagai alasan untuk menghindar dari kegiatan sosial yang tidak diinginkan.

5. Meningkatkan harga diri 
Siapa pun yang memiliki anak pasti akan merasa bangga dan puas ketika anaknya memberikan suatu ucapan positif, misalnya, "Kau adalah ayah terbaik di seluruh dunia". Ucapan seperti ini pastinya akan memiliki efek mendalam pada harga diri Anda sebagai orangtua. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyelesaikan segala bentuk pekerjaan, yang menurut perkiraan Anda sebelumnya tidak mungkin, menjadi mungkin.

6. Lebih bahagia
Para orangtua sudah sejak lama beranggapan bahwa sebuah keturunan akan membuat mereka jauh lebih bahagia. Baru-baru ini, ada sebuah studi yang mendukung klaim tersebut. Sebuah studi yang dilakukan Max Planck Institute for Demographic menemukan korelasi langsung antara kehadiran anak dan kebahagiaan orangtua di atas usia 40 tahun.

Peneliti menyurvei 200.000 orang di 86 negara antara tahun 1981 dan 2005 dan menemukan bahwa pada usia 40 tahun, orangtua dengan 1-3 anak merasa jauh lebih bahagia dibandingkan pasangan yang tidak memiliki anak. Bahkan ketika usia 50 tahun, orangtua yang memiliki anak akan lebih bahagia daripada pasangan yang tanpa anak. Temuan ini tidak mengherankan. Pasalnya, kebanyakan orangtua akan lebih mudah merawat anak ketika mereka tumbuh dewasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com