Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Bayi Setahun Diberi Susu Segar?

Kompas.com - 24/08/2011, 09:37 WIB

TANYA:   Dok, anak saya usia 1 tahun dengan berat 8 kg. Apakah ia sudah boleh mengkonsumsi susu murni (susu sapi segar)? Anak saya sejak lahir rambutnya tidak dicukur tetapi sampai sekarang tetap masih tipis / belum tumbuh panjang. Apakah ada masalah dengan kondisi kepala/rambut anak saya? Terimakasih sebelumnya. Antonia, Yogyakarta

JAWAB

Ibu Antonia yang baik, Pada prinsipnya anak usia 1 tahun ke atas sudah mulai dapat diperkenalkan dengan makanan dewasa, termasuk susu murni seperti yang ibu maksud selama susu tersebut disajikan dan dikemas dengan cara yang steril dan terjaga higienitasnya. Namun bila setelah mengkonsumsi jenis susu tersebut si kecil mengalami gangguan pencernaan seperti diare atau BAB-nya berdarah, sebaiknya segera dihentikan.

Mengenai pertumbuhan dan jenis rambut tidak dipengaruhi oleh dicukur atau tidaknya saat masih bayi. Beberapa bayi memang memiliki jenis rambut yang tipis namun seiring dengan pertumbuhan dan perkembangannya, selama asupan nutrisinya optimal maka rambutnya akan tumbuh secara normal.  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com