Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Horornya Busway Lebak Bulus-Harmoni

Kompas.com - 28/09/2011, 14:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pernah naik transjakarta dari Lebak Bulus-Harmoni? Kalau pernah berarti pernah pula merasakan "horornya" berkendara dengan didera kemacetan yang serasa tak berujung.

Belum lagi jika melihat kondisi jalan dengan lebar yang tak stabil, kualitas aspal, sampai nyaris tak ada bedanya antara layanan transjakarta dan angkutan reguler lain.

Halangan macet karena kepadatan arus lalu lintas dan penggunaan jalur transjakarta oleh kendaraan lain terjadi mulai dari Pondok Indah, Permata Hijau, Kedoya, Green Garden, Pesing, Grogol, Roxy, sampai ke Harmoni.

Seperti terlihat saat laporan ini dibuat, bahkan di jembatan layang Roxy, tiga transjakarta, yaitu TB 051, TB 050, dan TB 044, tak bergerak selama lebih dari 15 menit karena dikepung mobil, metromini, sepeda motor, angkutan barang, dan lainnya yang sama-sama tak bergerak.

Total sekali perjalanan dari Lebak Bulus ke Harmoni dengan transjakarta bisa 3-4 jam. Saat jam sibuk, mungkin waktu perjalanan bisa lebih panjang lagi. Tidak heran jika tidak banyak penumpang yang bertahan di dalam transjakarta untuk menuntaskan perjalanan dari ujung ke ujung itu.

"Saya pakai transjakarta ini untuk jarak pendek saja, paling dari Lebak Bulus mau ke Permata Hijau atau Kebun Jeruk. Kalau ke Harmoni mending pakai bus biasa saja, lebih cepat. Atau ke Blok M saja dulu," kata Ika (21), mahasiswi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com