Rambut pada Penis yang Mengganggu

Kompas.com - 22/12/2011, 10:00 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dokter Yth. Saya seorang pria berumur 31 tahun, tinggi badan 165 cm dan berat 65 kilogram. Dok, pada kelamin saya (batang penis) tumbuh bulu yang panjangnya seperti bulu yang terdapat pada kaki.  Keadaan ini sudah saya ketahui sejak saya masih SMA. Saya khawatir dengan keadaan ini, apalagi saya akan menikah tahun ini. Saya takut pasangan saya menganggap saya memiliki kelainan.

Dok, apakah bulu yang tumbuh pada penis saya ini bisa menyakiti pasangan saya? Apa saya harus mengatakan yang sebenarnya kepada pasangan saya sebelum kami menikah? Terima kasih banyak atas jawaban dokter.

(Antonius, 31, Kupang)


JAWAB :

Adanya rambut pada batang penis, apalagi lebat dan  panjang sebenarnya merupakan sesuatu yang tidak lazim dan mengganggu hubungan seksual.

Rambut itu dapat mengakibatkan iritasi pada vagina sehingga menjadi lecet dan infeksi. Untuk menghidari akibat itu, maka rambut itu harus dilenyapkan. Untuk itu dapat digunakan obat yang dapat merontokkan rambut.

Masalahnya, setelah itu kapan rambut itu tumbuh kembali. Saya sarankan Anda berkonsultasi lebih jauh dan mendapat pemeriksaan lebih dulu. Boleh saja Anda berterus-terang kepada calon istri Anda, tetapi jelaskan juga bahwa Anda akan mendapat pengobatan untuk menghilangkan bulu itu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.