Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Pentingnya Nge-gym dengan Personal Trainer

Kompas.com - 09/01/2012, 15:11 WIB

Kompas.com - Apa pun tujuan Anda nge-gym, baik untuk menguruskan, menambah berat badan, atau membentuk otot agar tubuh lebih ideal, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk mencari bantuan personal trainer (PT).

Berikut adalah 4 alasan mengapa Anda tidak merancang sendiri program latihan yang akan dijalankan.

1. Anda baru mengenal angkat beban

Salah satu kesalahan utama yang dilakukan oleh mereka yang ingin membentuk badan yang kekar adalah terlalu fokus pada alat. Beberapa alat memang membantu, tetapi pada dasarnya alat-alat itu hanya dipakai dalam latihan "penutup". Dengan bantuan PT mereka akan membuatkan program latihan dan program gerakan yang sesuai.

2. Terlalu fokus pada satu bagian tubuh

Tidak sedikit orang yang hanya fokus pada satu bagian tubuh saja, misalnya otot perut atau lengan. Padahal, seharusnya Anda membentuk seluruh bagian otot tubuh. Seorang PT yang baik akan membantu Anda menentukan tujuan spesifik sekaligus membentuk tubuh yang sehat dan penampilan yang ideal.

3. Sulit mencapai tujuan dan riskan cidera

Teknik yang dipakai dalam setiap program latihan sangat penting untuk diketahui untuk mencegah cidera. Berlatih seorang diri juga cenderung kontraproduktif dan membosankan. Peran PT dalam hal ini adalah memotivasi Anda untuk memaksimalkan potensi kekuatan yang sebenarnya dimiliki.

4. Mudah bosan

Seringkali program latihan menjadi tidak menantang lagi setelah beberapa minggu atau pada umumnya tidak terjadi lagi grafik peningkatan alias datar. Bersama dengan PT Anda bisa merevisi program latihan yang dijalankan sehingga semangat kembali muncul untuk mencapi target yang lebih tinggi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com