Aroma Rosemary Pertajam Kemampuan Otak

Kompas.com - 28/02/2012, 14:53 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Aromaterapi menjadi salah satu pilihan untuk menciptakan suasana rileks dan tenang. Beberapa orang juga mempercayainya untuk mengurangi gejala flu. Tapi untuk meningkatkan kemampuan otak? Ternyata mungkin saja, salah satunya adalah menggunakan aroma rosemary.

Peneliti dari Amerika Serikat menemukan bahwa aroma berbau tajam seperti bau cemara atau minyak rosemary ternyata mampu meningkatkan kecepatan dan akurasi ketika seseorang mengerjakan ujian kognitif.

Hal tersebut sudah diuji pada 20 orang yang diminta melakukan soal-soal matematika sebelum dan setelah mereka mencium aroma rosemary di meja kerja. Para peneliti juga mengambil contoh darah para partisipan untuk mengetahui level cineole, komponen utama rosemary.

Partisipan yang kadar cineole-nya tinggi, ternyata memiliki nilai skor ujian yang tinggi pula. Kecepatan dan akurasi memang lebih baik, tetapi aroma ini tidak terbukti meningkatkan kewaspadaan. Namun bagaimana rosemary mampu meningkatkan kemampuan mental belum jelas.

"Mencium aroma rosemary bisa dipertimbangkan jika seseorang ingin meningkatkan kemampuan belajarnya. Asalkan Anda memang menyukai aroma ini," kata Alan Hirchs, direktur Smell and Taste Treatment and Research Foundation, Chicago, AS.

Rosemary sendiri termasuk dalam herba yang sudah dipakai sejak lama. Penggunaanya tidak terbatas pada aromaterapi saja tapi juga dalam kosmetik dan obat-obatan. Wanginya dipercaya mampu melancarkan sirkulasi darah, memperbaiki pencernaan, serta berefek menenangkan.

Bila Anda ingin memanfaatkan aroma rosemary untuk membantu meningkatkan kemampuan berpikir, simpan aromaterapi ini di meja kerja agar Anda selalu siap menghadapi tantangan kerja.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.