Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Siap Bekerja Sama dengan Perancis

Kompas.com - 07/05/2012, 16:58 WIB
R. Adhi Kusumaputra

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - China hari Senin (7/5/2012) mengatakan siap bekerja sama dengan Perancis setelah Francois Hollande dari Sosialis memenangkan pemilihan presiden Perancis.

Francois Hollande yang berusia 57 tahun memenangkan pemilu hari Minggu dari calon petahana sayap-kanan Nicolas Sarkozy, langsung menghadapi tantangan krisis utang Eropa.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hong Lei mengatakan, Presiden China Hu Jintao mengirimkan pesan ucapan selamat kepada Hollande.

"China siap bekerja sama dengan Perancis, untuk menjalin hubungan bilateral dari perspektif strategis dan jangka panjang," kata Hong Lei kepada wartawan.

"China percaya bahwa untuk mempertahankan momentum positif dan perkembangan hubungan China-Perancis yang stabil, tidak hanya melayani kepentingan mendasar kedua negara dan dua orang, tetapi juga perdamaian, stabilitas, dan perkembangan dunia," katanya.

Eropa merupakan pasar ekspor utama China. Krisis zona euro akhir-akhir ini --yang menimbulkan gelombang penurunan peringkat utang dan membawa Yunani tenggelam dalam utang -- menjadi perhatian utama China.

Suratkabar pemerintah, Global Times menyebutkan dalam editorialnya hari Senin bahwa pemilu Perancis "tidak membawa perubahan apa-apa". 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com