Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/07/2012, 13:52 WIB

KOMPAS.com - Latihan sit-up sekeras apa pun tak akan berhasil membuat perut Anda rata jika Anda salah saat melakukannya. Jika salah melakukan gerakan sit-up, leher Anda malah jadi sakit, otot-otot kram, dan lain sebagainya. Latihan sit-up, atau variasinya, crunch, yang dirancang untuk menguatkan otot perut, punggung, dan otot inti, sebenarnya sangat mudah dilakukan. Segera perbaiki jika Anda masih menemukan kesalahan dalam mempraktekkan gerakan-gerakannya, seperti di bawah ini:

1. Latihan Anda sudah kuno
Gaya sit-up yang lama biasanya malah membuat otot punggung dan leher jadi tegang, dan ini tidak mendukung kerja otot perut. Gerakan crunch yang benar adalah yang berfokus pada otot perut. Berkonsentrasilah pada otot perut, rasakan bagaimana area tersebut berkontraksi.

2. Kepala dan leher Anda menegang
Jika leher Anda menegang, itu artinya Anda belum melakukan gerakan dengan benar. Ketika Anda berusaha bangun dari posisi terbaring di lantai, pastikan otot perut lah yang bekerja, bukan pundak dan leher Anda. Maka, bagian perut lah yang seharusnya terasa menegang atau berkontraksi. Letakkan kedua tangan menyilang di depan dada untuk membiarkan otot perut bekerja tanpa bantuan tangan. Atau, tekuk kedua tangan sampai hampir menyentuh telinga. Jangan meletakkan telapak tangan di belakang kepala.

3. Dagu Anda menyentuh dada
Menempelkan dagu ke dada saat melakukan gerakan crunch ternyata menjadi pemicu ketegangan pada leher. Pastikan ada jarak sekitar sekepalan tangan antara dagu dan dada. Temukan titik fokus di langit-langit tepat di atas tubuh Anda, dan fokuslah pada titik tersebut saat Anda mengangkat pundak dan kepala dari lantai. Titik fokus itulah yang membantu mencegah terjadinya ketegangan pada leher.

4. Anda mendorong otot-otot perut keluar
Yang Anda inginkan mungkin melakukan kebalikannya, yaitu menarik pusar Anda ke dasar tulang belakang Anda. Selama melakukan gerakan crunch, otot perut memang harus selalu dalam kondisi "dikunci" atau ditarik ke dalam. Hanya dalam kondisi "terkunci" otot perut akan bekerja.

5. Anda berharap gerakan ini bisa membuang semua lemak perut
Tidak mengherankan jika upaya Anda saat melakukan gerakan ini terasa menyakitkan, karena Anda menyimpan tujuan yang kurang tepat. Gerakan crunch akan menguatkan otot-otot perut, yang sebenarnya justru membuat perut Anda lebih "besar". Crunch tidak membuang lemak begitu saja. Jadi, kalau Anda menambahkan otot perut tanpa mengurangi lemak, bagian perut justru akan terlihat lebih gemuk. Nah, agar perut rata idaman Anda tercapai, tambahkan latihan kardio (misalnya jogging atau jalan cepat), dan yang lebih penting, kurangi makanan yang berlemak!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com