Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersulut Rokok, Lapak Penjual Petasan Meledak

Kompas.com - 31/07/2012, 10:53 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Sebuah lapak pedagang kaki lima  penjual petasan di Jalan HOS Cokroaminoto, Kota Kediri, Jawa Timur terbakar, Senin (30/7/2012) malam. Kebakaran diwarnai ledakan yang sempat membuat warga sekitar panik tersebut diduga akibat kecerobohan pemilik lapak.

Informasi yang dihimpun, kejadian tersebut bermula saat pemilik lapak, seorang pria yang kini melarikan diri, tengah melakukan pengisian daya terhadap telepon genggamnya. Disaat yang bersamaan, ia juga tengah memegang rokok yang menyala. Diduga, tanpa disadari api rokok tersebut menyentuh sumbu salah satu petasan sehingga petasan meledak.

Ledakan pertama itu menyulut sumbu petasan lainnya dan membuat semua petasan beragam jenis yang tersimpan di lapak seukuran satu meter persegi tersebut turut meledak. Akibatnya, lapak yang berada di tepian jalan raya dan didesain dapat dibongkar pasang tersebut rusak parah. "Dia sering merokok di lapaknya dan kami juga sering mengingatkannya tapi gak digubris," ujar seorang warga di sekitar lokasi kejadian yang enggan disebutkan namanya.

Seorang warga lainnya menuturkan, saat mendengar ledakan pertama, ia sempat mengira bahwa pria pemilik lapak tengah mencoba petasan jenis baru, namun ternyata ledakan terjadi bertubi-tubi dan muncul api dari lapak. "Biasanya dia memang sering mencoba petasannya. Tapi kok suaranya banyak, lalu saya lihat ternyata lapaknya terbakar. Saya langsung ambil air seadanya untuk memadamkannya. Lalu warga lainnya juga bantu memadamkan," kata seorang penjual mie yang berada tak jauh dari lokasi kejadian.

Sementara itu, polisi yang datang kemudian hanya mendapati onggokan lapak sisa kebakaran. Petugas yang hendak melakukan olah kejadian perkara menemui kesulitan karena pemilik lapak melarikan diri sementara warga yang berada di sekitar lokasi, bungkam. "Kami masih melakukan penyelidikan," kata Ajun Komisaris Surono, Kepala Subbag Humas Polres Kediri Kota. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com