Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengantuk Penyebab Utama Kecelakaan di Kendal

Kompas.com - 15/08/2012, 17:37 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com -- Mengantuk adalah penyebab utama kecelakaan tunggal yang ada di Jalan Pantai Utara (Pantura) Kendal, Jawa Tengah. Pekan kemarin, ada tiga kecelakaan tunggal yang penyebabnya sopir mengantuk.

Hal itu diungkapkan kepala Polisi Resor (Kapolres) Kendal AKBP Kusdiantoro. Kusdiantoro menjelaskan, tiga kecelakaan tunggal akibat sopir mengantuk terjadi di jalan lingkar Kaliwungu, jalan Pantura Brangsong dan jalan Lingkar Weleri.

"Yang di Lingkar Kaliwungu, trailer masuk parit, yang di Brangsong nyeruduk 4 kios dan yang di lingkar Weleri menabrak marka jalan hingga trailer mau masuk ke sungai," kata Kusdiantoro, Rabu (15/8/2012).

Untuk itu Kusdiantoro mengimbau kepada sopir truk maupun angkutan umum lainnya agar berhenti jika mengantuk atau lelah. Di Pantura, Kendal, ada beberapa tempat peristirahatan. "Ini juga berlaku bagi para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi roda empat maupun dua," tegasnya.

Terkait hal itu, Kasatlantas Polres Kendal AKP Patmo Supriyadi menambahkan, pihaknya telah mendirikan 13 pospam dan 9 sub pospam. Pospam tersebut bisa digunakan untuk istirahat bila sopir mengantuk atau capek. "Keselamatan diri lebih penting. Maka harus hati-hati dan waspada saat mengemudi," kata Patmo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com