Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Jemaah Haji Purbalingga Didominasi PNS

Kompas.com - 07/09/2012, 11:05 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

PURBALINGGA, KOMPAS.com — Mayoritas anggota jemaah calon haji dari Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, ternyata pegawai negeri sipil. Dari 502 peserta calon haji, jumlah PNS mencapai 131 orang. Peringkat kedua diduduki para pensiunan PNS dengan jumlah 92 calon haji.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretaris Daerah Purbalingga Yani Sutrisno, Jumat (7/9/2012), mengatakan, dominasi PNS dan pensiunan pada calon jemaah haji hampir terjadi setiap tahun."Dari latar belakang pendidikan, terbanyak dari lulusan SLTA dan terbanyak kedua dari lulusan SD," tuturnya.

Menurut Yani, dari 502 calon haji, belum ada yang pernah menunaikan ibadah haji sebelumnya. Hal ini terkait dengan kebijakan untuk mengutamakan warga yang sama sekali belum pernah menunaikannya.

Jumlah calon haji perempuan juga lebih banyak dari peserta laki-laki. Jumlah calon haji perempuan tahun ini mencapai 261 orang, sementara untuk laki-laki sebanyak 241 orang. Untuk jadwal pemberangkatan, lanjut Yani, belum ada kepastian. Namun, kemungkinan besar akan dilakukan antara tanggal 25 dan 29 September 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com