Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tolak UU BPJS, 3.000 Buruh Demo Gedung Sate

Kompas.com - 14/11/2012, 17:26 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Lebih dari 3.000 buruh yang tergabung dari berbagai serikat pekerja, mengepung Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung, Rabu (14/11/2012).

Mereka datang berbondong-bondong dari berbagai kabupaten/kota di Jabar. Mereka tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN) Jabar, K SPSI, SBSI, Gaspermindo, FPMI 98, dan GOBSI berunjuk rasa menolak Undang-Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan UU Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) No. 33 Tahun 1992.

"Kami menolak undang-undang tersebut. Dengan adanya undang-undang tersebut tidak lebih baik menyejahterakan kami," tegas Iyan Sofyan, Wakil Ketua SPN Jawa Barat sekaligus koordinator aksi saat ditemui di Jalan Dipinegoro, Bandung, Rabu, (14/11/2012).

Menurutnya, Undang-undang UU BPJS-UU SJSN tersebut bersifat diskriminatif dan bertentangan dengan UUD 1945. Selain itu, lanjut dia, gaji buruh dipotong sebesar dua persen dari pendapatan bersih akibat undang-undang itu.
 
Oleh karena itu, pihaknya menunggu kehadiran Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan untuk menyetujui permintaannya. "Kami menolak UU tersebut, kami akan tunggu sampai gubernur menandatangani surat penolakan itu," tegasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com