Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2012, 17:46 WIB

KOMPAS.com – Sebagian orang memilih menjalankan diet vegan atau hanya memakan sayur karena menganggap pola diet ini lebih sehat dan menghindari efek negatif dari daging. Namun bila ditelaah kembali, sebenarnya banyak juga manfaat yang dapat diperoleh dari memakan daging, khususnya daging merah.

Sebagian orang berpikir dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dengan hanya memakan sayuran dan buah-buahan, serta dengan hanya mengonsumsi protein nabati. Namun daging juga memiliki manfaat esensial dalam membantu tubuh menjalankan fungsi metabolisme yang vital dan sumber energi yang besar.

Berikut ini adaah manfaat konsumsi daging bagi tubuh :

Daging sebagai sumber protein

Daging mengandung sejumlah besar protein yang dapat memenuhi kebutuhan protein tubuh. Protein secara umum dapat berfungsi untuk meningkatkan kesehatan tubuh seseorang. Ini terjadi karena protein merupakan komponen yang penting dalam metabolisme tubuh manusia. Selain untuk perbaikan dan pembangunan jaringan tubuh, protein juga berperan dalam produksi antibodi yang akan melindungi tubuh dari infeksi sehingga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Beberapa ahli gizi bahkan berpendapat daging menjadi sumber protein yang paling baik karena daging mengandung semua asam amino esensial.

Daging sebagai sumber mineral

Dari banyak nutrisi yang dikandungnya, daging juga kaya akan zat besi, seng dan selenium. Zat besi membantu dalam membentuk hemoglobin yang mengangkut oksigen ke berbagai bagian tubuh, seng membantu dalam pembentukan jaringan dan metabolisme serta selenium membantu memecah lemak dan bahan kimia dalam tubuh.

Daging sebagai sumber vitamin

Vitamin juga merupakan unsur penting dalam diet. Sedangkan daging mengandung banyak Vitamin A, B dan D. Manfaat vitamin ini bukan hanya dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan mata, membuat tulang dan gigi lebih kuat, tetapi juga dapat membantu menjaga kesehatan sistem saraf pusat sehingga dapat mendukung kesehatan mental juga. Vitamin dalam daging juga dapat membantu memelihara kesehatan kulit.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com