Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/12/2012, 10:44 WIB

Kompas.com - Kebiasaan makan bersama dengan seluruh anggota keluarga, meski cuma seminggu sekali, ternyata bisa meningkatkan minat anak pada sayur dan buah-buahan.

Demikian menurut hasil survei yang dilakukan tim dari Universitas Leeds, Inggris, terhadap 2.389 anak. Menurut survei yang dilakukan di 52 sekolah dasar di sekitar London, Inggris, itu hampir dua pertiga anak (63 persen) belum mengasup sayur dan buah seperti yang direkomendasikan oleh WHO, yakni lima porsi buah dan sayur atau sekitar 400 gram.

Namun, anak-anak yang sering makan bersama dengan orangtuanya mengonsumsi buah dan sayur 1,5 porsi lebih banyak dibanding dengan anak yang tidak pernah makan bersama. Manfaat makan bersama untuk meningkatkan minat pada makanan sehat itu tetap tampak meski anak hanya makan bersama seminggu sekali.

Karena anak-anak selalu meniru kebiasaan orang di sekitarnya, anak-anak yang doyan sayur biasanya adalah mereka yang orangtuanya sering mengonsumsi buah dan sayuran.

"Ketika makan bersama dengan keluarga, anak-anak belajar tentang pola makan dari orangtua atau saudaranya yang lebih tua," kata Janet Cade, dari University's School of Food Science and Nutrition.

Selain meningkatkan minat pada sayur dan buah, makan bersama merupakan kesempatan yang penting untuk mengajarkan anak-anak mengenai perilaku yang baik. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com