Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2013, 09:27 WIB

TANYA:
 

Dok, saya hamil sudah 5 minggu dan ini kehamilan pertama saya. Saya membaca di buku seperti panduan kehamilan dari bidan bahwa masalah lain pada kehamilan seperti batuk lama, lemah dan jantung berdegup kencang.
 
Masalah itu saya rasakan sekarang. Dari sebelum hamil saya memang sering batuk-batuk jika kecapaian atau kedinginan dan sudah melakukan rontgen namun tidak terjadi apa-apa dengan paru-paru saya (tidak ada flek). Yang saya tanyakan apakah penyakit saya ini? Dan berbahayakah bagi kandungan saya? Mohon jawabannya dok, terimakasih.
(Kania, Tasikmalaya)
 

JAWAB:

Kehamilan merupakan proses alamiah pada wanita. akan terjadi perubahan pada tubuh karena perubahan hormonal akibat dari kehamilan tersebut. Ibu akan merasakan keluhan di seluruh tubuh, mulai dari pusing, malas, ngantuk, sulit menelan, kembung, gangguan buang air besar dan lain-lain. Itu semua proses normal. Kalau tidak menggangu, tidak perlu minum obat.

Tubuh akan melakukan adaptasi terhadap berbagai perubahan tersebut, sehingga ibu terbiasa dengan kondisi hamil. Dari segi kejiwaan ( psikologi ) juga akan ada perubahan. Secara umum akan ada perubahan fisik dan psikis pada wanita hamil yang harus ibu ketahui sehingga ibu nyaman menjalankan proses hamilnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com