Amankah Balita Sering Minum Susu Kedelai?

Kompas.com - 15/02/2013, 09:29 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:

Dok, saya mau konsul nich, anak saya laki-laki berusia 16 bulan. Dia sudah tidak minum ASI sejak usia 8 bulan dan saya menggantinya dengan susu formula. Namun perlu dokter ketahui, ia selalu minum susu formula 7-8 dus/1000 gr/bulan. Akhirnya saya berinisiatif menambah susu kedelai yang saya buat sendiri ke dalam minumannya supaya tidak terlalu banyak minum susu formula. Menurut dokter amankah saya memberikan susu kedelai tiap hari sebagai nutrisi tambahan si kecil?
 (Devi, Kediri)

JAWAB:
Seusia si kecil saat ini sebaiknya yang lebih diutamakan adalah porsi makannya, yaitu makan besar, makan dengan menu dan lauk yang sudah hampir menyerupai tekstur anak yang lebih besar.

Konsumsi susu formula baik dari susu sapi maupun susu kedelai sedikit banyak akan mempengaruhi nafsu makan si kecil. Ia akan merasa kenyang dengan susu formula, sehingga malas untuk mencoba belajar makan.

Seusianya saat ini sebaiknya susu formula (sapi atau kedelai) dibatasi hanya sampai 3-4 kali seharinya. Sehingga komposisi nutrisi/zat gizi yang ia dapat akan berimbang, tidak hanya dari susu formula tetapi juga dari makanan utamanya (4 sehat 5 sempurna).

 


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X