Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/04/2013, 21:51 WIB

TANYA :

Dok, saya sering menjalani test secara online di situs web tentang dominasi ekstrovert dan introvert yang ada pada diri saya. Dan saya lebih sering mendapatkan jawaban bahwa saya adalah introvert. Yang saya rasakan, memang rata-rata adalah hal yang sangat introvert seperti saya cenderung lebih suka menyendiri daripada kumpul bersama teman-teman saya. Tapi yang menjadi masalah saya adalah saya tidak menyukai menjadi introvert. Setiap kali saya mencoba untuk berbicara kepada orang yang baru saya kenal, saya merasa takut, canggung, bahkan bisa sampai gemetar. Yang jadi pertanyaan saya adalah apakah kecenderungan introvert yang ada dalam diri saya bisa diubah? atau mungkin sekedar dikurangi? Terima Kasih, Dok.

(Raditya, 17, Tangerang)

JAWAB :


Raditya yang baik,

Apa yang Raditya rasakan, juga mungkin banyak dirasakan oleh remaja seusia Raditya. Kebingungan akan kondisi kepribadian yang memang masih mencari bentuknya.

Tidak usah khawatir bahwa kondisi itu tidak akan berubah, kepribadian akan berkembang sesuai masa kehidupan yang dijalani walaupun memang biasanya setelah usia 18 tahun akan cenderung menetap kepribadian dasarnya. Apa yang Raditya telah lakukan dengan berbicara dengan orang lain itu hal yang harus diteruskan.

Latihan yang sering akan membuat kondisinya membaik sampai suatu saat Raditya tidak merasa canggung berhubungan dengan orang lain lagi. Pesan saya jangan terlalu percaya dengan apa yang disebutkan di test online tersebut, itu hanya suatu alat bantu saja dan belum tentu pasti apa yang dihasilkannya. Semoga membantu.

Salam Sehat Jiwa

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com