Kompas.com - 11/05/2013, 11:18 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com – Bayam tiba-tiba menjadi populer ketika tampil di setiap episode film kartun Popeye Sailor Man di era tahun 70-an dan 80-an.  Apakah Popeye menyantap bayam kalengan yang sudah masak ataukah ia menyantap bayam mentah?

Bayam merupakan sumber besi non-heme, yang ditemukan dalam sumber nabati. Besi non-heme tidak seperti zat besi heme yang ditemukan dalam produk hewani. Bayam mentah mengandung inhibitor disebut asam oksalat atau oksalat. Asam oksalat mengikat secara alami dengan mineral seperti kalsium dan zat besi, membuat tubuh sulit menyerapnya.

Memasak bayam dapat membantu membuka inhibitor penyerapan zat besi dan meningkatkan ketersediaan hayati zat besi. Dengan kata lain, memasak bayam membantu membuat besi lebih tersedia bagi tubuh kita.

Dalam 1 cangkir bayam mentah terdapat besi 0,8 mg, bandingkan dengan 1 cangkir bayam dimasak yang mengandung 6,5 mg besi. Sementara dalam secangkir bayam mentah hanya mengandung 30 mg kalsium, bandingkan dengan bayam dimasak yang mengandung 245 mg kalsium.

Pria membutuhkan 8 mg zat besi per hari, sementara wanita pra-menopause membutuhkan 18 mg, sementara wanita hamil memerlukan 27 mg besi. Jadi, bayam yang dimasak secara signifikan menyediakan sumber zat besi.

Asam oksalat secara alami terdapat dalam banyak makanan. Bayam bukan satu-satunya makanan yang mengandung mineral tersebut. Biji-bijian seperti gandum, sayuran seperti lobak, biji-bijian, dan semua kacang-kacangan mengandung asam oksalat. Jika kita makan bayam mentah dan makanan kaya zat besi lainnya, mungkin ini akan memperkuat penyerapan zat besi dari bahan makanan berikut ini:

- Daging, ikan, atau unggas.
- Buah: jeruk, melon, stroberi, dan buah-buahan kaya vitamin C lainnya
- Sayuran: brokoli, kubis brussel, tomat, jus tomat, kentang, paprika merah dan hijau.
- Anggur putih.

Ternyata Popeye membuat keputusan yang tepat dengan makan bayam kalengan yang telah dimasak. Tentu saja kita sekarang bisa membuat produk yang lebih segar dibandingkan yang kalengan. Karena kandungan vitamin dalam bayam bisa larut dalam air selama perebusan, maka cara terbaik untuk memasak bayam adalah dikukus atau menggunakan microwave atau ditumis. (Pelbagai sumber)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.