Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/07/2013, 15:30 WIB


TANYA:

saya punya anak usia setahun. Ia sudah di diagnosa terkena flek paru dan dokter menyarankan untuk berobat selama 6 bulan. Oleh dokter anak saya di beri obat tablet warna merah dan juga vitamin karena sebelumnya anak saya susah sekali makan. Yang jadi pertanyaan saya, kenapa berat badan anak saya susah sekali naik padahal setelah di kasih vitamin makannya bagus dan kenapa juga belum tumbuh gigi? Meskipun badannya kecil tetapi anak saya dalam kesehariannya sangat aktif.
 (Enang Sumarna, Subang)

JAWAB :
Mungkin yang Bapak/Ibu maksud flek paru adalah tuberkulosis (TB) paru. Terapinya adalah dengan obat-obatan antituberkulosis (OAT), umumnya selama 6 bulan. setelah pemberian OAT maka biasanya gejala-gejala TB paru yang sebelumnya ada akan menghilang, seperti nafsu makan yang meningkat, berat badan yang naik, gejala demam maupun batuk akan menghilang.

Apabila setelah terapi TB diberikan dengan teratur dan nutrisi diberikan dengan optimal namun berat badan tidak naik, maka mungkin perlu dievaluasi lebih lanjut mengenai penyakit yang dideritanya. Sebaiknya ibu dapat membawanya ke dokter anak terdekat untuk dievaluasi lebih lanjut mengenai kondisinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com