Kompas.com - 20/07/2013, 10:08 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Obesitas diketahui merupakan akar masalah dari berbagai penyakit metabolisme. Mudahnya orang untuk mendapatkan makan, tetapi tidak cukup aktivitas fisik, mengakibatkan prevalensi obesitas meningkat di seluruh dunia.

Padahal, sebenarnya, obesitas bisa diperangi dengan makan sayur dan buah secara teratur. Namun, tentu diimbangi pula dengan usaha mengatur pola makan dan memperbanyak olahraga dan aktivitas fisik.

Menurut pakar gizi klinik dr Fiastuti Witjaksono, sayur dan buah dapat menjaga metabolisme tubuh sehingga membantu menghindari permasalahan metabolisme.

Metabolisme yang terganggu dan obesitas merupakan dua hal yang saling berhubungan erat. Keduanya punya hubungan sebab akibat. Artinya, metabolisme yang terganggu bisa mengakibatkan obesitas dan sebaliknya.

Sementara sayur dan buah, tutur Fiastuti, mengandung zat-zat gizi yang penting untuk menjaga metabolisme tubuh tetap sehat. Sayur dan buah mengandung vitamin dan mineral, antara lain vitamin A, C, E, asam folat, zinc, magnesium, kalsium, dan kalium yang membantu menyeimbangkan sistem tubuh yang bekerja.

Selain itu, imbuhnya, sayur dan buah juga mengandung serat yang sangat bermanfaat untuk pencernaan. Dengan sistem pencernaan yang baik, tubuh akan lebih mudah menyerap zat-zat gizi dan membuang sisa-sisa makanan.

"Serat yang terkandung dalam sayur dan buah juga membantu tubuh untuk kenyang lebih lama. Dengan rasa kenyang yang lebih lama, tubuh akan cenderung tidak tertarik dengan makanan-makanan tinggi kalori yang mudah menambah berat badan," tutur Fiastuti.

Tak hanya itu, serat membantu menjaga kadar gula darah agar tidak melonjak drastis sehabis makan. Itulah sebabnya sayur dan buah dapat mencegah diabetes yang erat pula kaitannya dengan obesitas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.