Kompas.com - 24/07/2013, 13:59 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com — Para peneliti menciptakan bola-bola kaca yang terbuat dari kalsium dan fosfat yang dicampurkan dalam pasta gigi untuk menjaga kesehatan gigi.

Bola-bola berukuran tak lebih dari sehelai rambut ini bertujuan memperbaiki kerusakan gigi yang cukup parah, tetapi belum memerlukan tambalan. Manfaat lain dari bola-bola ini adalah mengurangi rasa ngilu di gigi akibat gigi sensitif.

Peneliti dan dokter gigi dari University of London, Queen Mary, yang menciptakan inovasi ini mengatakan, bola bioglass ini menahan kalsium dan fosfat. Kandungan mineral itu akan segera dilepaskan bila kontak dengan kelembaban tinggi, misalnya saliva di mulut.

Kalsium dan fosfat penting untuk memperbaiki gigi sensitif serta menghambat perusakan gigi. Kedua bahan ini merupakan komponen utama pelindung lapisan luar gigi yang disebut enamel.

Saat disikat ke permukaan gigi, bola akan mengisi area yang lemah atau enamel yang rusak. Pada gigi sensitif, bola ini mengisi area di mana gigi makin melorot dari gusi.

Semakin tinggi kandungan fosfat, perlindungan semakin efektif.

Peneliti sebelumnya pernah mencoba bahan fluoride untuk menguatkan gigi, tetapi hasilnya tidak seefektif bila menggunakan fosfat.

Pasta gigi dengan bola-bola khusus ini dapat segera membentuk lapisan baru pada gigi dalam waktu kurang dari tiga jam.

"Material kaca bioaktif sedang hangat dibicarakan. Intinya adalah bagaimana mendapat produk yang bisa memberi manfaat maksimal," kata Hugh Devlin, profesor restorasi gigi University of Manchester.

Menurut dia, produk ini diharapkan bisa diluncurkan secara komersial dalam 2 tahun mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Dailymail

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.