Kompas.com - 02/08/2013, 15:56 WIB
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com -
Kemungkinan terjadinya kebutaan akibat kerusakan retina meningkat seiring bertambahnya usia. Kerusakan retina yang berhubungan dengan usia tersebut dikenal juga dengan istilah degenerasi makula. Namun selain usia, faktor kelamin ternyata juga ikut berperan dalam hal ini.

"Wanita lebih rentan mengalami degenerasi makula," ujar dr Elvioza, SpM, dari Divisi Vitreo-Retina Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dalam sebuah temu media di Jakarta, Kamis (1/8/2013).

Dia mengatakan, meski tidak menunjukkan hubungan sebab-akibat di antara keduanya, namun angka kejadian degenerasi makula pada wanita lebih banyak daripada pria. Inilah yang membuat para ahli menyimpulkan, wanita lebih rentan mengalaminya.

Setelah ditelusuri, lanjutnya, wanita lebih rentan mengalami degenerasi makula karena adanya perubahan-perubahan hormonal yang lebih kuat pada wanita timbang pria. Terutama, untuk wanita-wanita yang menuju fase menopause, yaitu terhentinya siklus haid. Menopause umumnya terjadi pada wanita berusia 50-60 tahun.

"Wanita menopause biasanya rentan terhadap beberapa penyakit tertentu, seperti penyakit jantung koroner, dan gangguan pembuluh lainnya. Maka tak heran kalau lebih rentan juga terhadap degenerasi makular," papar dokter yang juga berpraktik di Jakarta Eye Center ini.

Degenerasi makular secara tidak langsung juga dipengaruhi oleh kesehatan pembuluh darah. Aliran darah yang baik ke daerah mata akan menjaga fungsi retina tetap baik. Sebaliknya, jika ada sumbatan aliran, maka akan terjadi pendarahan dan kerusakan retina.

Untuk menghindarinya, Elvioza menyarankan untuk meminimalisasi faktor risiko terjadinya penyakit ini. "Jenis kelamin, keturunan dan usia merupakan faktor yang tidak dapat dihindari, tapi ada juga faktor risiko yang bisa kita ubah," ujarnya.

Faktor risiko yang masih bisa diubah, lanjutnya, antara lain merokok dan mengonsumsi alkohol, obesitas, dan makan tidak sehat. Prinsipnya, dengan meminimalisasi faktor risiko, maka kemungkinan mengembangkan penyakit juga semakin kecil.

Selain itu, penting juga upaya untuk tetap melindungi diri dari paparan sinar, seperti memakai kaca mata pelindung setiap berada di bawah sinar matahari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.