Kompas.com - 13/08/2013, 09:18 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Salah satu masalah terbesar dari makanan-makanan instan siap saji adalah tingginya kandungan sodium dan rendahnya kandungan potasium. Padahal studi menunjukkan, meningkatkan asupan potasium dan mengurangi sodium dapat mengurangi risiko stroke sebanyak 21 persen dan juga risiko penyakit jantung.

Potasium merupakan mineral yang melindungi pembuluh darah dari kerusakan oksidatif dan menjaganya dari penebalan. Orang dewasa perlu mengasup 4.700 miligram potasium setiap harinya. Meskipun begitu, terlalu banyak potasium juga dapat mengganggu kesehatan.

Nah, untuk mendapatkan cukup potasium setiap harinya, ada baiknya Anda mulai untuk mengasup makanan-makanan ini.

1. Ubi
Ubi merupakan makanan dengan kandungan potasium tertinggi. Satu buah ubi mengandung sekitar 694 mg potasium dan hanya 131 kalori. Ubi juga kaya serat, beta-karoten, dan karbohidrat.

2. Saus tomat
Tak ada yang memungkiri manfaat tomat segar, namun jika ingin kandungan potasiumnya yang tinggi, tomat perlu dibuat dulu menjadi saus. Seperempat mangkuk saus tomat mengandung 664 mg potasium. Sementara itu, jika dijus tomat dapat memberikan 400 mg potasium.

3. Daun bit
Dalam tanaman bit, kita seringkali hanya memanfaatkan umbinya dan membuang daunnya. Padahal daun bit mengandung potasium yang sangat tinggi yaitu 644 mg setiap setengah mangkuknya. Daun bit juga mengandung antioksidan yang tinggi.

4. Kacang panjang
Kacang panjang mengandung 600 mg potasium untuk setiap setengah mangkuknya. Namun kacang-kacangan lain seperti lentil dan kapri juga bisa dijadikan sumber potasium yang baik.

5. Yogurt
Sekitar 227 gram yogurt mengandung 579 mg potasium. Sementara yogurt rendah lemak memiliki kandungan yang sedikit lebih rendah.

6. Kerang
Delapan puluh lima gram kerang mengandung 534 mg potasium dan konsentrasi vitamin B12 tertinggi.

7. Prune
Tiga perempat mangkuk jus prune mengandung 530 mg potasium, dan dalam jumlah yang sama buah prune rebus mengandung 400 mg. Selain itu prune diketahui baik untuk menjaga kepadatan tulang.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.