Kompas.com - 23/08/2013, 14:03 WIB
shutterstock
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com — Cukup tidur, pola makan benar, dan rajin nge-gym memang bisa membuat kondisi jantung tetap muda. Namun, mutasi gen yang diturunkan dari ibu ternyata lebih berperan dalam laju penuaan.

Penuaan bisa berwujud dalam berbagai penyakit yang dikaitkan dengan usia dan juga perubahan fisik. Misalnya saja daya ingat menurun, kulit keriput, sampai performa seksual yang lebih loyo.

Cepat lambatnya seseorang mengalami penuaan berbeda-beda. Para ilmuwan sejak lama menyebut bahwa kerusakan sel yang terjadi bertahun-tahun sepanjang usia berpengaruh besar pada terjadinya penuaan. Namun, belum pernah dilihat bahwa faktor penuaan sebenarnya juga diturunkan.

Sekelompok peneliti dari Swedia dan Jerman menemukan bahwa kerusakan DNA di mitokondria, juga dikenal sebagai sel pembangkit tenaga karena di sinilah gula diubah menjadi energi, sebagian besar ikut mengendalikan laju penuaan.

DNA mitokondria mengandung gen-gen yang berasal dari pihak ibu saja. DNA mitokondria berbeda dengan DNA yang berada di sel inti dan berasal dari ayah dan ibu.

"DNA mitokondria mengalami kerusakan seiring dengan usia. Tetapi kini kita mengetahui bahwa sebagian dari kerusakan ini sudah ada sejak lahir yang diturunkan dari ibu ke bayi," kata ketua peneliti Nils-Gran Larsson.

Para peneliti menemukan, DNA mitokondria mengalami kerusakan terus-menerus, dan produksi energi sel secara perlahan mulai menghilang sehingga terjadi penuaan.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap mencit di laboratorium. Para ilmuwan juga menemukan, peningkatan kadar kerusakan pada mencit berkorelasi dengan penurunan tingkat kebugaran.

Meski begitu, belum diketahui manakah yang paling berpengaruh pada penuaan, apakah kerusakan DNA mitokondria atau faktor lingkungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber FOXNews
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.