Memulihkan Nyeri Otot Kaki Setelah Olahraga

Kompas.com - 24/08/2013, 11:11 WIB
shutterstock
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com — Setelah berhenti berlatih beberapa lama, biasanya akan sulit untuk memulainya kembali. Sebaliknya bila terlalu bersemangat, ajang berlatih kembali ini sering disusul dengan nyeri di sekujur kaki.

Menurut Cedric Bryant, pakar fisiologi olahraga dari American Council on Exercise, kemungkinan besar nyeri itu berasal dari otot kaki yang cedera atau mengalami robekan kecil. Ini karena olahraga berat langsung dilakukan setelah kita lama tidak berlatih.

Untuk memulihkannya, yang bisa kita lakukan adalah:

- Banyak minum air putih dan berjalan lebih sering untuk membantu melancarkan laju aliran darah ke otot dan mempercepat proses penyembuhan otot.

- Lakukan peregangan pada area yang terasa sakit. Luruskan atau tarik secara perlahan, dan tahan selama 10 detik.

- Terapi pijat. Minta terapis memijat area di sekitar otot yang sakit. Hindari menekan-nekan bagian yang cedera karena akan memperparah kondisi otot.


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X