Kompas.com - 06/11/2013, 11:14 WIB
Penulis Wardah Fajri
|
EditorWardah Fajri
KOMPAS.com - Studi mengungkapkan, satu hingga dua tahun setelah menjalani bedah bariatrik (bariatric surgery), sejumlah wanita mengalami peningkatan kepuasan seksual.

Bedah bariatrik adalah operasi untuk menurunkan berat badan pada pasien obesitas morbid (obesitas yang menyebabkan penyakit).

Studi yang dipublikasikan online di JAMA Surgery pada 4 November 2013 ini menunjukkan peningkatan kepuasan seksual pada wanita meliputi peningkatan dorongan seks, lubrikasi (cairan tubuh alamiah yang muncul dalam vagina wanita ketika dia terangsang secara seksual), hasrat seks.

Tak hanya itu, melalui tes darah, hormon seks pada wanita juga mengalami peningkatan pascabedah untuk menurunkan berat badan ini. Bahkan, kesuburan wanita juga bisa meningkat setelah berat badannya turun dalam jumlah banyak.

David Sarwer, penulis studi yang juga profesor di departemen psikiatri dan bedah Perelman School of Medicine di University of Pennsylvania mengatakan peningkatan kepuasan seks pada wanita ini  terjadi kemungkinan karena penurunan berat badan menimbulkan perasaan positif terhadap fisik mereka, dan berdampak secara emosional.

"Seksualitas merupakan salah satu fenomena di mana perilaku kita terletak di persimpangan dari apa yang terjadi dengan kita secara fisik dan apa yang kita rasakan secara psikis," ungkap Sarwer.

Hal inilah juga yang terjadi pada setengah dari wanita yang mengaku butuh melakukan bedah bariatrik. Mereka mengaku mengalami tanda-tanda disfungsi seksual.

Sementara pada responden wanita yang mengalami obesitas, pada akhir tahun pertama pascabedah bariatrik, mereka mengaku mengalami peningkatan kepuasan seksual. Mereka juga mengaku lebih percaya diri, tidak mudah merasa depresi, dan lebih nyaman dengan tubuh mereka.

Studi ini melibatkan 106 wanita dengan Indeks Massa Tubuh 44,5. Orang yang memiliki Indeks Massa Tubuh di atas 40 tergolong obes. Mereka menjalani bedah bariatrik yang terbagi dalam dua jenis, yakni operasi bypass lambung (85 pasien melakukannya), sementara  21 orang menjalani prosedur penjepitan lambung (gastric banding).

Setelah menjalani operasi, para wanita ini berhasil menurunkan berat badan rata-rata 32,7 persen pada tahun pertama, dan 33,5 persen di akhir tahun kedua.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.