Kompas.com - 19/11/2013, 13:32 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Satu komisi beranggotakan ahli-ahli kesehatan dari seluruh dunia memperingatkan bahwa jenis-jenis bakteri yang tahan obat adalah salah satu ancaman terbesar obat-obatan modern.

Dalam tulisan di jurnal medis The Lancet, para pakar menyerukan pentingnya koordinasi global -yang belum pernah diambil selama ini- untuk mengatasi ancaman tersebut.

Koordinasi ini mencakup pemangkasan pemberian resep antibiotik dan mengeluarkan insentif kepada perusahaan farmasi untuk mengembangkan obat baru.

Para ahli memperingatkan, tanpa antibiotik, penyembuhan mulai dari operasi ringan hingga pengobatan kanker dengan kemoterapi tidak dimungkinkan.

Selain itu, kematian akibat infeksi di negara-negara maju mungkin akan kembali ke tingkat sebelum awal abad ke-20.

"Obat-obatan modern tak pernah menghadapi ancaman sebesar ini," demikian tulis para ilmuwan dalam jurnal The Lancet.

Mereka juga mengatakan, bila tidak diambil langkah terkoordinir secara global, biaya layanan kesehatan akan meningkat tajam karena harus membeli antibiotik baru yang lebih mahal.

Pengeluaran rumah sakit akan membengkak karena pasien yang harus menjalani rawat inap akan semakin besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.