Kompas.com - 28/11/2013, 10:43 WIB
EditorWardah Fajri

TANYA :

Dok, bagaimana cara diet yang benar? Saya dua tahun yang lalu berhasil menurunkan berat badan menjadi 55 kg dari 70 kg,. Tapi kenapa sekarang diet saya tidak berhasil? Berat badan saya sekarang 68 kg tinggi 153 cm.

(Deasy, 26, Jambi)


JAWAB :

Dear, Deasy.

Berat badan yang sudah turun dan kembali naik ke nilai semula sering terjadi pada program penurunan berat badan, dan dikenal sebagai efek yoyo. Sebentar turun, lalu naik lagi, kadang malah naik ke nilai yang melebihi nilai awal. Hal ini sering terjadi pada penurunan berat badan yang dilakukan secara cepat.

Adapun anjuran penurunan berat badan yang terbaik sebesar 2-4 kg dalam satu bulan, jadi tidak dianjurkan terlalu cepat.

Jika dihitung nilai IMT, Deasy ada di nilai 29 dan termasuk obese atau kegemukan, adapun berat ideal sekitar 48-53 kg.

Prinsip cara diet pada kegemukan dengan membuat menjadi seimbang antara kebutuhan energi (yang diperoleh dari makanan) dengan pengeluaran energi tubuh (dilakukan dengan memperbanyak aktivitas fisik maupun berolah raga secara teratur) dan memangkas sekitar 500 kkal/hari.

Adapun kebutuhan energi Deasy sekitar 1.200 kkal/hari setelah dilakukan defisit 500 kkal. Nah diet yang aman tentu saja melakukan makan secara teratur dengan kandungan gizi lengkap dalam porsi kecil namun sering. Jadi tidak dianjurkan untuk melakukan diet ekstrem dengan memangkas kalori sekaligus dalam jumlah banyak atau melakukan diet dengan menghindari karbohidrat atau lemak.

Berikut contoh menu 1.200 kkal yang dapat Deasy gunakan, namun aktivitas fisik atau olahraga tetap harus dilakukan setiap hari agar terjadi penurunan berat badan seperti yang diharapkan.

• Sarapan: roti panggang isi selai kacang 1 lembar.
• Selingan pagi: puding (dimasak dengan gula pemanis) isi strawberry 1 potong.
• Makan siang: nasi 100g + ikan asam manis 50g + tahu isi panggan 60 g + sup bayam jagung 100 g.
• Selingan sore: pepaya 100 gram
• Makan malam: nasi 75g + ayam bumbu kuning 50g + oseng tempe 50 g + sup gambas misoa ayam 100 g.
• Selingan malam : potongan buah campur 100g

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.