Kompas.com - 03/12/2013, 11:34 WIB
EditorWardah Fajri
Tanya:
Dok, anak saya usianya 5,5 bulan, di badannya muncul merah-merah, ada yang bintil kecil ada juga seperti bentol. Saat pagi lebih terasa kalau diraba, seperti biang keringat tapi menyebar mulai dada ke sepanjang lengan, bokong belakang ke paha belakang. Anak saya full ASI dan tanda kemerahan ini muncul tidak disertai demam atau rewel. Dia berbakat alergi tapi selama 5,5 bulan belakangan baik-baik saja. Waktu kakaknya dulu selama menyusui, saya tidak bisa mengonsumsi produk susu karena alergi. Ini kenapa ya Dok?
Armelia, Jakarta

Jawab:
Kemerahan di kulit bayi dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti alergi, biang keringat (miliaria), infeksi, dan sebagainya. Alergi dapat terjadi bila si kecil memiliki bakat (keturunan dari orangtua yang alergi). Infeksi dapat disebabkan langsung oleh bakteri, virus maupun jamur. Kondisi lain seperti dermatitis kontak dapat terjadi bila ibu menggunakan/mengusapkan minyak telon atau minyak kayu putih ke kulitnya.  Secara umum, untuk kelainan kulit sebaiknya harus diperiksa secara langsung mengingat banyak kondisi yang mirip satu sama lainnya sehingga perlu ketepatan pemeriksaan. Ada baiknya ibu membawanya ke dokter terdekat untuk memastikan kondisinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.